Rabu, 09 Januari 2013

ANAK MESIN BACK TO BENGKEL

KALO ditanya tentang "teknik mesin",
apa kata yang pertama kali muncul di pikiran lo?

Montir.   Bengkel.   Oli.   ceweknyadikit. 

Walaupun kata terakhir -yang sebenernya bukan kata- bakal gue hiraukan, jawaban-jawaban diatas mungkin yang bakal muncul pertama kali di pikiran kita. Ini semua karena paradigma-paradigma yang muncul di masyarakat.

Anak mesin harus bisa servis motor-lah

Anak mesin harus bisa benerin motor mogok-lah

Anak mesin kalo udah lulus kerja di bengkel-lah

Anak mesin harus pinter2 nyari jodoh dari jurusan lain-lah

Sebenernya itu juga yang jadi ekspektasi awal gue sebelum masuk jurusan ini. Gue emang tertarik sama bidang otomotif. Gue pengen bisa benerin motor kalo-kalo mogok tiba2 diajalan.
Kan keren, motor mogok, disaat orang lain harus nenteng motor sampe bengkel, kita tinggal jongkok, ngoprek sana ngoprek sini, walau ga tau idup lagi apa nggak.

Sekarang, gue mau ngelurusin paradigma-paradigma di atas dengan mengakui sesuatu.
Pengakuan terbesar dalam hidup gue.
Yak, ini dia.
Oke kita mulai.
Jadi.

gue belom bisa ngoprek-ngoprek mesin motor.



Lo nanya jurus tertinggi gue soal ngoprek motor?
Paling mentok?
masang baut
baut plat nomer

Dan satu-satunya benda yang bisa gue service?
tamiya di rumah.


Jadi kalo motor gue mogok dijalan, yah bakal sama kayak orang-orang.
Gue tenteng tuh motor,
bedanya, sebelumnya gue jongkok dulu di pinggir jalan. nangis.



TAPI ITU DULU. SEKARANG TIDAKkata Omesh

Untuk menjawab tuntutan masyarakat bahwa anak-mesin-harus-bisa-ngoprek-motor,
Gue daftarkan diri gue sebagai calon tuner. 
Itu lho, mekanik yang kerjanya service motor lo tiap 2 bulan.
Atau buat lo yang irit, tiap 4 bulan lah. Atau kalo lo kelewat iri, kayak Ihsan, 7 bulan baru di service.
Setelah gue buka motor Ihsan, ibarat orang, tuh motor gue diagnosa menderita kanker paru-paru (filter udara kotor parah), anemia (oli mesin sekarat), dan masih banyak lagi.

Rencananya gue bakal jadi tuner di acara service gratis di Mechanical Festival 2013, di ITB 2-3 Februari nanti. (jangan lupa dateng)


Jadi sekarang gue lagi belajar di salah satu kantor Honda di jalan Soekarno Hatta Bandung.
Sejauh ini udah 3 hari gue habiskan di kantor Honda itu.
Satu hari ngejajal teori plus dua hari ngebuka motor temen-temen.
Ini semua bener-bener pengalaman luar biasa buat gue. Semua hal mengenai muter-muter-sekrup, buka-buka karburator, dan lain-lain itu membuat gue merasa utuh sebagai anak mesin.

Minggu depan, gue bakal satu minggu penuh magang di Honda Kiara Condong. Sekilas, sempat terlintas gambaran di pikiran tentang masa depan gue.






BENGKEL PD. ADI MAKMUR SUKSES LANCAR JAYA AMAN SENTOSA





HANYA MENERIMA MOTOR SEHAT

1 komentar: